10 paradoxes analysis

1. Creative people have a great deal of physical energy, but they’re also often quiet and at rest.

Setuju dengan pendapat diatas, beberapa orang yang kreatif memerlukan waktu untuk tenang, menenangkan dan berdiam diri sejenak. Dalam masa “tenang” inilah orang-orang kreatif berpikir dan menuangkan hasil pemikirannya. Pikiran yang jernih dan terlepas dari stress, rutinitas dan kesibukan lainnya dapat menghasilkan hal-hal yang keatif. Oleh karena itu, orang yang kreatif walaupun punya energi yang besar, sering menenangkan diri untuk berpikir kreatif.

2. Creative people tend to be smart yet naive at the same time

Hmmm…. Agak bingung dengan pendapat ini, tetapi orang yang kreatif biasanya adalah orang yang pintar. Memang orang yang kreatif biasanya tidak sama dengan orang biasa. Sering sekali saya jumpai orang kreatif yang “naive”.. Mereka tidak terlalu memamerkan kekreatifannya kepada orang banyak.

3. Creative people combine playfulness and discipline, or responsibility and irresponsibility

Sangat setuju. Kreatifitas dapat timbul jika kita dalam keadaan senang. Hanya sedikit orang yang bisa mengkombinasikan proporsi playfulness dan disiplin dengan pas. Orang seperti inilah yang bisa menghasilkan pikiran-pikiran kreatif. Mereka tidak terlalu stress karena rutinitas yang tinggi, dan juga tidak terlalu santai dalam bermain.

4. Creative people alternate between imagination and fantasy and a rooted sense of reality

Orang kreatif biasanya memulai pemikirannya dengan imajinasi. Dengan imajinasi tidak ada batas, limit, dan penghalang yang menghambat orang dalam berpikir sebebas-bebasnya, sehingga pikiran yang kreatif dimulai dari imajinasi.

5. Creative people trend to be extroverted and introverted

Mirip dengan pendapat Mihaly yang no 1, dimana orang kreatif menjadi pendiam dan penyendiri pada saat-saat tertentu, yaitu pada saat ia berpikir dan berimajinasi. Tetapi mereka tidak selalu menyendiri, mereka dapat mengatur keseimbangan antara bergaul atau bersosialisasi dan berdiam diri.

6.Creative people are humble and proud at the same time

Setuju. Kebanyakan orang kreatif tidak menunjukkan secara terang-terangan kehebatan atau kemampuannya. Tetapi ketika mereka mengeluarkan kemampuanya, orang banyak yang melihat akan terkesima…

7. Creative people, to an extent, escape rigid gender role stereotyping

Hmmm… juga bingung dengan yang ini. Tetapi biasanya, orang kreatif berpikir “out of the box” jadi tidak kaku dan terpaku dengan keadaan atau situasi yang ada sekarang. Orang kreatif tidak terpengaruh oleh stereotype-stereotype jenis kelamin yang mengatakan bahwa seharusnya laki-laki itu begini begitu, dan perempuan itu sebaiknya blablabla.. Mereka tidak tunduk kepada apa kata orang. Melainkan mereka mempunyai gaya, cara, dan selera tersendiri yang membedakan mereka dari orang biasa

8. Creative people are both rebellious and conservative

Sangat setuju. Orang-orang kreatif tidak terpaku dan statis pada suatu keadaan, mereka merobos dan menembus batas-batas yang ada. Orang yang kreatif cenderung tidak tunduk pada peraturan-peraturan. Tetapi dalam menerobos keluar keadaan, orang kreatif tidak kebablasan, mereka tetap berada di jalur conservative walaupun tidak tunduk kepada cara-cara conservative itu.

9. Most creative people are very passionate about their work, yet they can be extremely objective about it as well.

Setuju dengan pendapat ini, karena orang kreatif sangat antusias dan bersemangat dengan pekerjaan yang disukainya. Akan tetapi orang yang kreatif juga tidak fanatic dan hyperbole terhadap pekerjaannya itu.

10.Creative people’s openness and sensitivity often exposes them to suffering and pain, yet also to a great deal of enjoyment

Pendapat ini bagi saya agak membingungkan, tetapi jiwa orang kreatif yang terbuka dan sensitive dapat berakibat 2 hal bagi mereka. Yang pertama adalah mereka dapat mengalami penderitaan dan rasa sakit yang menyakitkan. Akan tetapi, mereka juga mendapatkan sukacita dan enjoyment dalam jumlah yang besar dalam jiwa mereka itu.

Sebagai kesimpulan, menurut saya 10 paradoxes yang diungkapkan oleh Mihaly Csikszentmihalyi merupakan hasil analisa yang sangat bagus dan sangat bermanfaat bagi mereka yang berusaha untuk menjadi kreatif. Jika dilihat dari pernyataan-pernyataan diatas, maka orang kreatif tidak melihat dunia hanya 2 sisi saja, dunia ini tidak terbatas pada hitam atau putih, baik atau buruk, dan kiri atau kanan. Melainkan dunia ini tidak terbatas.

Iklan

~ oleh jonathansilaen pada Desember 15, 2008.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: