Berpikir kreatif

Alkisah seorang pengusaha kaya raya ingin mewariskan seluruh harta kekayannya kepada salah satu dari ketiga anaknya.

Untuk itu, sang ayah melakukan mengadakan sebuah tes kepada ketiga anaknya. Siapa yang lulus dalam tes diantara ke 3 anaknya tersebut maka ialah yang berhak mewarisi seluruh aset kekayaan ayahnya.

Tesnya adalah sebagai berikut: Dalam salah satu tanah milik sang ayah, ada sebuah bangunan kosong kecil yang tertutup rapat tanpa jendela. Setiap anaknya diberi modal sebesar Rp22.500,- dan harus membeli barang untuk membuat penuh ruangan/bangunan tersebut. Siapa yang dapat memenuhi seluruh ruangan itu tanpa ada space sedikitpun, ialah yang berhak menjadi ahli waris.

Anak pertama menghabiskan seluruh modalnya untuk membeli semen, dia berusaha keras mencari bahan semen termurah dan memasukkannya kedalam ruangan untuk memenuhi ruangan tersebut. Tetapi sayang, usahanya hanya membuat penuh separuh dari ruangan.

Anak kedua juga menghabiskan seluruh modalnya untuk membeli peralatan untuk memotong alang-alang yang tumbuh disekitar bangunan tersebut. Setelah memotong dan mengumpulkan semua alang-alang yang dapat ia temui, ia memasukkan alang-alang tersebut kedalam ruangan itu. Sayangnya, alang-alangnya hanya dapat memenuhi tiga per empat ruangan.

Sekarang giliran anak yang ketiga, ia membeli sebuah lilin dengan harga Rp1.000,- dan memasukan lilin itu ke dalam ruangan tersebut dan menyalakannya. Lalu ia memanggil ayahnya dan berkata “adakah sudut atau tempat di ruangan ini yang tidak dipenuhi oleh cahaya lilin?”  Sang ayah terdiam.

Setelah itu sang bungsu menjadi pilihan sang ayah untuk mewarisi seluruh aset kekayaannya.      

Pesan moral: HARUS KREATIF

Sumber 1500 Cerita Bermakna karya Frank Mihalic

Iklan

~ oleh jonathansilaen pada Oktober 19, 2008.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: